STMT Trisakti

Thursday, June 30, 2011

5 (lima) "Dimensi Kualitas Layanan" pada industri jasa pelayaran (kargo)

Berikut ini 5 (lima) "Dimensi Kualitas Layanan" pada industri jasa pelayaran (kargo) :


A. Kehandalan/ Reliability :
    1. Tiba di pelabuhan tepat waktu/ sesuai jadwal operasi/ charter.
    2. Kapasitas ruang muat yang besar dengan freight murah.

B. Daya Tanggap/ Responsiveness :
    1. Sistem booking space (pemesanan ruang muat) secara on-line.
    2. Penanganan dan pengaturan muatan yang handal.
    3. Pengurusan cargo document (dokumen muatan) yang cepat.

C. Jaminan/ Assurance :
    1. Reputasi/ kepercayaan dalam keselamatan pelayaran yang tinggi.
    2. Awak kapal yang berkompeten.
    3. Asuransi muatan sesuai perjanjian pengangkutan.

D. Empati/ Empathy :
    1. Mengantisipasi kerusakan/ kehilangan muatan.
    2. Membantu pengurusan klaim/ tuntutan.

E. Bukti Langsung/ Tangible :
    1. Kapal yang dipakai memenuhi standar internasional.
    2. Ada beberapa tipe kapal yang dapat menyesuaikan kebutuhan muatan.
    3. Ruang muatan yang memadai, siap sebelum dimuati, lengkap dengan ventilasi yang cukup.
    4. Alat bongkar-muat yang layak pakai dan tersertifikasi.
    5. Kantor perusahaan pelayaran yang representatif.

Disajikan pada perkuliahan Manajemen Mutu di Sekolah Tinggi Manajemen Transpor (STMT) Trisakti Jakarta, program studi S1 Manajemen Transpor Laut, kelas Alih Program BP3IP-STMT Angkatan 17.

Disusun oleh :
1. Cahya Fajar Budi Hartanto / 244310034
2. Agus Hadiwibowo / 244310028
3. Agus Hamid / 244310029
4. Andry Wijaya / 244310032
5. R. Wira Hendra Dana / 244310044
6. Samuel Michael Tuuk / 244310045
7. U m a r / 244310050
8. Marianus Wilhelmus Lawe / 244310053
9. Mario Bernhard Simarmata / 244310055
10.Rio Adrianto / 244310062

1 comment: